Minggu, 27 Mei 2012

Anda Mau Jadi Mahasiswa...?

Mahasiswa oh Mahasiswa......

Siapa yang gak mau jadi mahasiswa, pasti bagi anak SMA adalah sebuah hal yang ditunggu-tunggu dan diidam-idamkan. Rasanya ,menyandang panggilan Mahasiswa adalah hal yang sangat menakjubkan dan sungguh dielu-elukan para remaja. Gara-gara nonton sinetron tentang anak kuliahan, gayanya yang gaul dan kerenn itu menjadi minat para siswa SMA buat masuk dunia perkuliahan.

Awal yang dipikirkan para calon mahasiswa adalah kuliah menjadi mahasiswa mencari pacar, ganti gaya dari cupu ke trend yang gaul pisan. Ikut organisasi, jadi panitia OSPEK ntar ngerjain Mahasiswa baru, dan jadi Asisten Dosen. Tapi adapula yang ingin menjadi mahasiswa karena ingin mencari ijazah untuk menjadi  PNS atau mencari pekerjaan yang layak. atau bahkan masuk dunia perkuliahan karena tuntutan orang tua agar reputasi orang tua jadi baik. Jadi anak kuliahan memang sepertinya mudah dan menyenangkan, tapi apakah kalian tahu jadi mahasiswa bukan hanya asal berangkad kekampus, masuk kelas, cari pacar, ikut organisasi saja tapi juga tuntutan kita jadi mahasiswa yang baik yaitu menyelesaikan tugas-tugas kuliah kita dari dosen, mengikuti peraturan kampus dan dituntut harus lulus sarjana dengan cepat.

Jadi mahasiswa yang sesungguhnya itu, adalah nglembur tugas dari dosen semalam suntuk ampe ga tidur, nyari bahan tugas muter-muter ke perpustakaan kampus ntar kalau ga nemu bukunya kita lari ke perpustakaan lainnya lagi ampe ketemu bukunya low perlu ke toko buku. Menjadi mahasiswa itu harus ikut organisasi biar keliatan mahasiswa penting, aktif dan eksis. Deketin dosen alias caper biar dapet nilai A, bahkan cari sensasi dengan ganti gaya bak artis lady gaga,,, hahaha. Tau ga, tingkah laku mahasiswa yang tak terlupakan dan selalu menjadi trending topic di media masa / media elektronik??? jawabannya adalah “DEMO”, yap demo sering kali dilakukan oleh para mahasiswa , ada yang anarkis dan juga demo secara damai. Tapi kebanyakan anarkis si,,,tapi itu bagus karena mahasiswa ikut serta dalam dunia demokrasi…

“Turunkan Harga Pendidikan”, Turunkan Harga BBM”, Turunkan Rektor”, “Hukum Para Koruptor”, “Kembalikan Hak Rakyat”, “Sejahterkan Rakyat”, mungkin ini hanya sepenggal kata atau himbauan yang sering diserukan ketika Demo di hadapan pemerintah.
kalau kalian jadi mahasiswa, bagaimana pendapatmu tentang DEMO??

Tapi disisi lain adapula mahasiswa yang benar-benar tulus mencari ilmu. Mereka selalu mengerjakan tugas2 dari dosen, rajin ke perpustakaan, aktif dalam diskusi dan ikut organisasi, atau adapula yang menjadi mahasiswa KUPU-KUPU (Kuliah Pulang-Kuliah Pulang). Jadi mahasiswa tidak jauh dari dari dunia KOSs/ Kontrakan, jadi mahasiswa yang ngekos adalah suatu hal yang sangat menyenangkan karena mereka bebas dari orang tua, asalkan kiriman uang selalu update. Tapi bagi mahasiswa yang baik, mereka selalu hidup hemat alias ngirit, makan seadanya dan selalu nurut apa kata nasehat orang tua karena doa orang rua adalah yang utama demi kelancaran kuliahnya.

Hal yang penting juga jadi mahasiswa yaitu masalah SKRIPSI, kalau ingin lulus sarjana harus buat dulu skripsi, hasil karya ilmiah. Perjuangan buat skripsi adalah benar-benar tantangan sebelum jadi sarjana, kamu harus nyari judul skripsi, nunggu di ACC ama dosen, di ACC alhamdulillah low ga ya masalah buat loe, nyari judul lagi sampai di ACC ama dosen. Kalau udah di ACC, buat proposal dan selalu harus revisi ama dosen pembimbing, itu aja kalau dosennya ada dikantornya. Trus wat penelitian skripsinya itu, waduh kamu harus ngluarin your money wat skripsi kalian. Tapi setelah ujian skripsi rasanya lega banged, rasanya beban kita udah hilang, padahal abis lulus kita masih nyari pekerjaan.

Mumpung masih jadi mahasiswa atau calon mahasiswa atau sederajatnya, jangan sia-siakan masa mudamu dengan hal yang tak berguna, lakukan perbuatan yang positif dan menjadi inspirasi orang lain. Yang jelas jangan jadi mahasiswa abadi ya, kasian orang tua,,
tetap SEMANGAT kawan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Internet Marketing